Contoh Laporan Prakerin Administrasi Perkantoran
LAPORAN
PRAKRIN
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
DISUSUN
OLEH :
Nama:
Ahmad Deni Setiyawan
Kelas
: XI AP 2
Program
Keahlian: Administrasi Perkantoran
SMK
NEGERI 1 BANGSRI
Jl.
KH Achmad Fauzan, No. 17 Bangsri Jepara
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat
dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan penulisan
laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin).
Penulisan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu syarat
untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun pelajaran 2017/2018 dan
laporan ini juga sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan
menyelesaikan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), laporan ini dapat disusun dan
diselesaikan dengan baik berkat bantuan berbagai pihak, baik dari pembimbing
materi maupun teknis. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak Drs. Muh. Zainudin Azis, M.Ds , selaku kepala SMK Negeri 1 Bangsri,
2. Bapak Drs. Mochamad sodiq ,selaku Kepala SMP N 2 Bangsri yang telah memberi izin kepada kami untuk
melaksanakan praktik kerja industri di SMP N 2 Bangsri.
3. Ibu Ening
Lustutiani,,S.Pd,
selaku Kepala Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1
Bangsri.
4. Ibu Ening
Lustutiani, ,S.Pd,
selaku ketua Prakerin pada SMK Negeri 1 Bangsri
5. Bapak Muhamad
Sahal Mubarrok, S.Pd,
,selaku pembimbing internal (Monitoring) prakerin di SMP N 2 Bangsri.
6. Ibu Kus Susanti,SE selaku pembimbing eksternal (Pembimbing
Perusahaan)di SMP N 2 Bangsri yang banyak membimbing dalam pelaksanaan
prakerin.
7. Semua karyawan-karyawati dan seluruh staf di SMP N 2 Bangsri
8. Bapak dan Ibu guru dan semua staf/karyawan karyawati di SMK Negeri
1 Bangsri
9. Kedua Orang Tua tercinta dan kakakku yang telah
mendukung, mendo’akan, memotivasi, dan memberikan bantuan baik moril maupun
materiil.
10. Dan semua pihak yang telah membantu proses penulisan
laporan, sehingga laporan ini dapat penulis selesaikan dengan baik.
Penulis menyadari bahwa laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini
masih belum sempurna, untuk itu mengharapkan kritikan, saran, dan masukan yang
bisa membangun untuk melengkapi kekurangan penulisan laporan ini, semoga
laporan Pratik Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat memberi manfaat bagi penulis
khususnya dan bagi pembaca.
Jepara,25 Januari 2018
Penulis,
Ahmad Deni setiyawan
NIS
: 1663
DAFTAR ISI
COVER DEPAN…………………………………………….
KATA PENGANTAR……………………………………….
DAFTAR ISI………………………………………………....
LEMBAR
PENGESAHAN…………………………………..
BAB I –
PENDAHULUAN…………………………………..
1.1
Latar Belakang…………………………………….
1.2
Pengertian Prakering………………………………
1.3
Tujuan Prakering…………………………………..
1.4
Metode Pengumpulan………………………………
BAB II – TINJAUAN UMUM………………………………..
2.1 Sejarah……………………………………………………..
2.2 Tujuan……………………………………………………...
2.3Visi dan Misi……………………………………………….
BAB III – PELAKSANAAN
PRAKERING…………………...
A.Waktu Dana Tempat
Pelaksanaan……………………………
B.Pembimbing…………………………………………….…….
C.Tata Tertib Pelaksanaan Prakering…………………………...
BAB IV –
PENUTUP……………………………………………
3.1
KESIMPULAN………………………………………………
3.2 SARAN………………………………………………………
3.3 LAMPIRAN………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan Praktek kerja
industri (PRAKERIN) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bangsri.Dimulai Tanggal
25 Oktober 2017 s/d 25 Januari 2018 dan telah disetujui oleh :
MENGETAHUI,
Penbina Prakerin
Kepala SMK Negeri 1 Bangsri
Ening Lustutiani,S.Pd,
Drs. Muh. Zainudin Azis, M.Ds
Guru
Pembimbing Pembimbing Prakering
Ibu Kus Susanti,SE Muhamad Sahal Mubarrok, S.Pd
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap siswa/i lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu
keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak
dunia usaha/industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar
setiap siswa/i lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum
memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat
Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas
dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat
dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga
kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata -
mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus
dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts)
bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja
(industri/perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama
menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah
pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan
program, penyelenggaraan, sampai pada penilaian dan penentuan kelulusan siswa.
1.2 Pengertian Prakering
PRAKERIN (Praktek Kerja
Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan
di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk
meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan
kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk
masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta
ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.
1.3
Tujuan Prakering
1. Tujuan Umum
Praktek Kerja Industri
di dunia usaha/industri bertujuan agar siswa/i berwawasan, berpengetahuan dasar
untuk bekerja serta dapat menyesuaikan atau adaptasi dengan keadaan/tuntutan
pada lingkungan kerja secara luas.
2. Tujuan Khusus
- Mengenal dan memahami tata tertib
secara nyata dari mekanisme kerja pada dunia industri dan atau perusahaan.
- Menumbuhkan semangat jiwa untuk
berwirausaha.
- Memberikan latihan kepada peserta
didik untuk memupuk sikap siap mental dalam menghadapi tantangan dunia nyata
pada lingkungan kerja.
- Siswa dapat mengenal tentang
informasi kerja.
- Menghasilkan lulusan sebagai
angkatan kerja yang memiliki kemampuan profesional dengan tingkat pengetahuan,
keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kerja di dunia
usaha/industri.
- Memberikan pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerja yang berkualitas.
3. Tujuan atau Nilai Tambah bagi Industri / Perusahaan
-
Memperoleh tenaga kerja terdidik
sesuai dengan bidang pekerjaannya dan memberikan keuntungan yang tidak
meningkat sepenuhnya.
- Memberikan kesempatan untuk ikut
berperan serta dalam pendidikan nasional dan peningkatan sumber daya manusia
(SDM) serta dapat melakukan kerja sama dengan instansi sekolah yang
bersangkutan.
- Mendapatkan informasi tentang
kemampuan angkatan kerja sebagai hasil praktik industri, yang dapat digunakan
sebagai media seleksi dalam rangka “RECRUITMENT” tenaga kerja, sehingga
tidak perlu melakukan training kerja sendiri.
- Memberikan kepuasan bagi dunia
industri/perusahaan karena mendapatkan pengakuan telah ikut berperan serta
dalam menentukan masa depan bangsa melalui praktik industri.
BAB
II – TINJAUAN UMUM
2.1
Sejarah
SMPN 2 BANGSRI berdiri sejak tanggal 15
september 2003, tepatnya di desa. guyangan, kecamatan Bangsri, kabupaten
Jepara.Dibangun dengan partisipasi masyarakat dan mendapat dana pinjaman dari
bank dunia melalui program block grant, proyek ppm SMP Jawa tengah tahun
anggaran 2003.
2.3Visi
dan Misi
VISI
terwujudnya Satuan Pendidikan yang mampu memberikan layanan
profesional bagi peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensinya secara
optimal.
MISI
-mewujudkan
kurikulum sekolah yang dinasmis
-mewujudkan
sarana pembelajaran yang lengkap
-mewujudkan
sekolah sebagai sarana pembelajaran yang aman
-mewujudkan
pendidkan yang mampu menghasilkan lulusan pendidikan mempunyai imtaq, cerdas,
kompetitif serta banga terhadap almamaternya.
BAB
III – PELAKSANAAN PRAKERING
A.Waktu
Pelaksanaan
Praktek kerja industri (PRAKERIN)
yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bangsri.Dimulai Tanggal 25 Oktober 2017 s/d
25 Januari 2018.
B.Pembimbing
Dalam pelaksanaan
praktek kerja indistri ( PRAKERIN ) siswa dan siswi akan dibantu oleh
pembimbing. Pembimbing ini ada yang berasal dari sekolah maupun yang berasal
dari instansi.
1.
Pembimbing Instansi :
Pembimbing
dari instansi adalah pegawai yang diberi tugas untuk mempersiapkan
,mengarahkan, melatih ,membimbing ,dan menilai peserta kegiatan prakerin dalam
melakukan kegiatan.
2.
Penbimbing Sekolah :
Pembimbing dari
sekolah adalah guru yang diberi untuk
mempersiapkan, ,mengarahkan,memotivasi, membimbing, menjembatani antara siswa
dengan pihak industry selama kegiatan prakerin , mendapatkan informasi tentang
perkembangan siswa dan memonitoring dengan harapan terjadi komunikasi yang baik
antara industry , sekolah dan siswa.
C.Tata
Tertib Pelaksanaan Prakering
Kewajiban
- Mematuhi segala peraturan yang berlaku dalam perusahaan atau tempat melaksanakan program PRAKERIN.
- Berada ditempat praktek 15 menit sebelum praktek dimulai, berlaku sopan, jujur, bertanggung jawab, berinisiatif, kreatif terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam praktek.
- Memakai pakaian seragam sekolah, dan dalam keadaan tertentu memakai pakaian praktek. Tidak dibenarkan memakai pakaian bebas.
- Memberi salam pada waktu datang dan memohon diri pada waktu akan pulang.
- Memberitahukan kepada Pimpinan / Pembimbing Lapangan jika berhalangan hadir atau bermaksud untuk meninggalkan tempat praktek.
- Membicarakan dengan segera kepada Pembimbing Lapangan, ketua kelompok atau petugas yang ditunjuk apabila mengalami kesulitan.
- Mentaati peraturan dalam penggunaan peralatan dan bahan yang akan dipakai dalam praktek.
- Melaporkan dengan segera kepada yang berwenang bila terjadi kerusakan/salah dalam pelaksanaan praktek.
- Membersihkan dan mengatur kembali peralatan dengan rapi seperti semula setelah melakukan praktek.
Larangan
- Merokok ditempat praktek.
- Menerima tamu pribadi sewaktu melaksanakan praktek.
- Mempergunakan pesawat telepon atau peralatan lainnya tanpa seijin perusahaan.
- Pindah tempat kegiatan praktek kecuali atas perintah yang berwenangdalam mengatur kegiatan praktek.
- Khusus bagi siswi, dilarang :
- Memakai tata rias muka
- Memakai rok mini
- Memakai sepatu bertumit tinggi
- Memakai perhiasan yang menyolok
Sangsi
- Pelanggaran-pelanggaran tata tertib PRAKERIN ini, akan dikenakan sanksi sebagai berikut :
- Peringatan secara lisan
- Peringatan secara tertulis
- Penggagalan PRAKERIN (dinyatakan tidak lulus program PRAKERIN).
- Dikeluarkan dari sekolah.
BAB IV – PENUTUP
Dengan
selalu memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan
karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PKL ini dengan lancar.
Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua pihak
yang sudah mambantu dan membimbing penulis dalam penyusun laporan PKL ini.
Penulis menyadari masih banyak terdapat kesalahan, untuk itu kritik dan saran
yang membangun sangat penulis butuhkan demi menyempurnakan laporan penulis.
Semoga semua isi di dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis pada
khususnya dan pembaca pada umumnya.
3.1 KESIMPULAN
Kegiatan Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan yang sangatbermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat
mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian
masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan
bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar
kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha
dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan
karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja Industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan Prakerin di
SMPN 2 Bangsri khususnya di Tata Usaha, penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah penulis
dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain Prakerin adalah menambah wawasan yang luas bagi siswa dan siswi,
terutama dalam bidang yang di tempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni
diruangan pemilahan arsip, penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum
penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang berbagai arsip yang tersedia.
Praktek Kerja Industri telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa
halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementerian
ESDM yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan Prakerin dan bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.
3.2 SARAN
Semoga hubungan antar pegawai tetap terjaga dan saling bekerjasama
dalam mencapai tujuan bersama, semoga
para siwa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan memiliki motivasi untuk
tujuan dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat memberikan arahan juga
perhatian untuk para siswa dan siswi prakerin.
3.3 LAMPIRAN
DAFTAR
PUSTAKA
http://produktifapilmuapasaja.blogspot.co.id/2017/02/contoh-laporan-prakerin-smk.html
http://5d538bda-3fb3aee1-4373830813.blogspot.co.id/2013/01/contoh-laporan-pkl-smk.html
Saya sangat terbantu dengan hasil yang telah teelampir diatas saya ucapkan terimah kasih
BalasHapusKalo ada tugas saya ngopy ya🤗😉😉😉😁
BalasHapusOke gak masalah, pwntipe sertakan sumber
Hapus